Kesuksesan SuperMap International GIS Contest di Beijing

Pada tanggal 8 Desember 2018, “The 16th National University GIS Competition of SuperMap Cup” yang disponsori oleh China Geographic Information Industry Association dan SuperMap Group telah sukses dilaksanakan dengan menyelenggarakan kontes final dan pemberian penghargaan di Beijing Normal University. Yan Yanying, selaku Executive Vice President of China Geographic Information Industry Association dan Li Shaojun selaku Senior Vice President of SuperMap Group dan Dean of Research Institute menghadiri tahapan akhir dari penyelenggaraan kontes.

Yan Yanying, selaku executive vice president memberikan sambutan untuk pembukaan acara. Beliau mengatakan, sejak tahun 2003 SuperMap Cup National University GIS Competition selalu diadakan setiap tahunnya dan telah memainkan peran positif dalam memperkenalkan perkembangan aplikasi SIG dan pertumbuhan industri. China Geographic Information Industry Association mendorong dan mendukung perusahaan seperti SuperMap untuk melaksanaan pekerjaan yang kondusif untuk kemajuan akademik, pelatihan, dan pengembangan industri. Diharapkan di masa depan, SuperMap akan terus aktif untuk memperkenalkan integrasi antara produksi, edukasi dan penilitian serta bekerja sama dalam mengembangkan disiplin ilmu GIS agar lebih dikenal secara luas oleh khalayak umum.

Yan Ying, selaku Executive Vice President memberikan pidato sambutan di acara pembukaan

Panel juri kompetisi terdiri dari juri ahli, juri perwakilan perusahaan, juri perwakilan sponsor, dan juri publik. Ketua panel juri adalah Profesor Tsinghua University’s School of Architecture and Tsinghua University’s Habitat Environmental Information Laboratory. Anggota juri termasuk GIS Professor dari beberapa universitas dalam disiplin ilmu GIS juga beberapa tim ahli teknis dari Alibaba, Tencent, dan Huawei. Mereka juga memiliki wewenang dalam mengambil keputusan investasi dari sejumlah lembaga modal ventura, serta 10 hakim publik dari universitas di seluruh negeri.

Pada penjurian yang sangat ketat berdasarkan keputusan akhir dari panel juri, Dean Li Shaojun dari SuperMap Institute memberikan laporan berjudul “Enhancing Geographical Wisdow GIS Basic Software and Upgrading” yang menjelaskan secara rinci perangkat lunak dasar GIS dalam teknologi terbaru 3D GIS dan Artificial Intellegence GIS. Banyak sekali kemajuan besar dan terebosan yang dibawa dalam teknologi terbaru ini seperti: edge computing GIS Technology, Cloud Native GIS technology, dan lain sebagainya.



Kompetisi tahun ini menerima karya-karya yang diajukan oleh banyak universitas internasional di Filipina, Indonesia, Uganda dan negara-negara lain berdasarkan produk SuperMap English. Perwakilan dari Institut Teknologi Bandung, Reno, melakukan perjalanan khusus dari Bandung, Indonesia ke Beijing untuk berpartisipasi dalam kontes GIS ini.

Perwakilan Institut Teknologi Bandung, Indonesia

Tim dari Institut Teknologi Bandung menyampaikan presentasi mengenai Aplikasi Web yang telah dikembangkan dengan Judul “ Nearest Route for Parking Lot Finder and Evacuation Lot Finder”. Tim yang diketuai oleh Raa Ina Sidratul Munthaha, beranggotakan Yessy Marie Realita Simamora dan Reno Wibowo Putra dan dibimbing secara langsung oleh Dr. Deni Suwardhi berhasil meraih Juara Ke-3 dalam ajang tahunan Kompetisi GIS SuperMap dalam kategori Web Online Development.


17 views0 comments