top of page

SuperMap GIS Workshop dan Kuliah Umum di Perencanaan Wilayah dan Kota UGM

Pada hari Kamis, 11 April 2019, SuperMap dengan sukses mengadakan workshop yang bertemakan “Analisis Spasial untuk Perencanaan Menggunakan SuperMap”. Pada workshop kali ini hanya menggunakan salah satu platform dari SuperMap yaitu SuperMap iDesktop. Pada workshop kali ini, salah satu dosen perwakilan PWK UGM meminta kami menunjukkan materi drone dan mencotohkan menggunakan drone. Sehingga, SuperMap mengajak salah satu partner kami yaitu PT Geo Survey Persada yang bergerak di bidang Survey and Mapping.




Acara workshop ini dibuka oleh salah satu dosen PWK UGM bernama Mas Rendy. Kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan SuperMap dan melakukan salah satu exercise yang sesuai dengan jurusan PWK, yaitu menjadikan data 2D menjadi 3D. Setelah itu melakukan exercise dengan mengoperasikan fungsi 3D analysis menggunakan data Oblique Photogrammetry.


Setelah melakukan beberapa latihan menggunakan platform SuperMap yaitu iDesktop, dilanjutkan dengan latihan menggunakan drone. Pelatihan menggunakan drone ini sangat berguna bagi PWK, karena data yang akan dibutuhkan dan dianalisis salah satunya berasal dari data drone. Kemudian acara dilanjutkan dengan menunjukkan hasil demo dari pihak SuperMap dan PT Geo Survey Persada.



Acara workshop berakhir pada pukul 16.00 WIB, acara ini ditutup oleh Mas Rendy sebagai perwakilan dosen PWK UGM. Peserta workshop yang terdiri dari mahasiswa dan dosen terlihat sangat antusias dalam pelatihan kali ini, mahasiswa dan dosen sangat aktif bertanya untuk ilmu yang sudah diberikan pada saat workshop. SuperMap dan PT Geo Survey Persada sangat berharap ilmu yang diberikan dapat bermanfaat baik di lingkungan kampus maupun di dunia kerja kelak bagi mahasiswa.



40 views0 comments
bottom of page