top of page

SuperMap GIS Workshop dan Training di ITP dan UNP

March 19th / By : Tri Indah Utami


Rezky dan Tami perwakilan dari SuperMap Indonesia berhasil menyelenggarakan workshop di kedua universitas ternama di Padang. Workshop dan training dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 26 Februari 2019 di Teknik Geodesi Institut Teknologi Padang (ITP) dan pada tanggal 27 Februari 2019 di Geografi Universitas Negeri Padang (UNP).


Pada tanggal 26 Februari 2019 workshop dan training di selenggarakan di Teknik Geodesi Institut Teknologi Padang (ITP) dengan tema "Implementasi SIG di Teknik Geodesi dan Cara Membuat Simple Web Application di SuperMap". Workshop dimulai pada pukul 08.30, dibuka oleh Pak Fajrin selaku Ketua Jurusan S1 Teknik Geodesi dan dilanjutkan dengan perkenalan SuperMap dan melakukan pelatihan menggunakan SuperMap iDesktop, iServer dan iPortal. Peserta workshop terdiri dari 45 mahasiswa S1, tidak hanya mahasiswa saja namun ada dosen yang mengikuti pelatihan ini juga. Dosen dan Mahasiswa terlihat sangat antusias dengan SuperMap ini.




Pada tanggal 27 Februari 2019, workshop dan training diadakan di Geografi Universitas Negeri Padang (UNP) dengan tema "Implementasi GIS di Berbagai Sektor dan Latihan Membuat Simpel WebGIS menggunakan SuperMap".Workshop dimulai pukul 09.30, dan dibuka oleh Ibu Yurni sebagai kepala departemen Geografi Universitas Negeri Padang. Setelah itu, Tami mulai presentasi untuk pengenalan tentang perusahaan SuperMap, menunjukkan beberapa demo dari SuperMap, dan juga contoh Success Cases baik di China, Indonesia atau negara lain menggunakan SuperMap. Peserta workshop sekitar 40 orang terdiri dari mahasiswa dan juga dosen. Ibu Yurni sebagai kepala departemen juga mengikuti latihan dari SuperMap untuk mengetahui cara mengoperasikan perangkat lunak SuperMap. Kami melakukan beberapa latihan di iDesktop kemudian kami simpan di iServer kemudian kami membuat aplikasi web sederhana di iPortal. Peserta terlihat sangat tertarik dengan SuperMap dan kagum dengan teknologi SuperMap. Antusias dari dosen dan mahasiswa sangat baik dengan teknologi yang SuperMap kenalkan.



Semoga dengan adanya workshop yang di selenggarakan oleh SuperMap dapat menambah wawasan mengenai implementasi GIS di berbagai bidang dan mengetahui bagaimana pembuatan WebGIS secara simpel dan dapat bermanfaat di dunia pekerjaan kelak bagi mahasiswa/ mahasiswi ITP maupun UNP

26 views0 comments
bottom of page