Workshop EGSA X SuperMap yang Bertemakan “Aplikasi GIS Dalam Pemetaan Bencana”

SuperMap berkerjasama dengan Enviromental Geography Student Association (EGSA) menyelenggarakan workshop pada hari Jumat (12/4) di Gedung KLMB Lantai 6, Fakultas Geografi, Universitas Gajah Mada (UGM). EGSA merupakan organisasi mahasiswa dibawah naungan Jurusan Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi, UGM. Pada workshop kali ini bertemakan “Aplikasi GIS dalam Pemetaan Bencana”, dimana SuperMap memberikan solusi terkait analisis SIG untuk memecahkan masalah kebencanaan yang sering terjadi di Indonesia.


Foto bersama dengan peserta worskhop dengan perwakilan tim dari SuperMap, yaitu Rezky Raynaldo dan Nikma Fista

Acara workshop dibuka oleh Ibu Rika Harini selaku Ketua Departemen Geografi Lingkungan, UGM dan juga Ketua Panitia Pelaksana dari kegiatan workshop, yaitu Zaima Hilmi. Acara tersebut diikuti oleh 76 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu peserta asal Universitas Pendidikan Indonesia, Safi menuturkan bahwa acara ini sangat bermanfaat terutama untuk mahasiswa geografi, serta dapat memperkaya pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan software-software lain di bidang pemetaan (Sumber kutipan artikel: https://bit.ly/2PcMKaH).


Peserta workshop mengoperasikan Software Desktop GIS dari SuperMap

Pada workshop kali ini SuperMap memberikan solusi menggunakan analisis SIG dengan mengoperasikan SuperMap iDesktop sebagai perangkat lunak desktop GIS dari SuperMap Software dengan studi kasus dalam pemecahan masalah salah satunya untuk bencana banjir dan penentuan kebijakan. Adapula menampilakan solusi terkait aplikasi berbasis web atau webGIS application dan mobile application untuk penyelamatan cepat tanggap dalam bencana.


Penyerahan plakat oleh Ketua Panitia pelaksana workshop, Zaima Hilmi.

Harapan kedepannya SuperMap dengan EGSA, maupun Fakultas Geografi, Universitas Gajah Mada (UGM) dapat berkerjasama dalam hal edukasi atau pendidikan untuk menambah pengetahuan dan pengembangan ilmu di bidang pemetaan dan geospasial.




49 views0 comments